Sunday, June 04, 2006

menjejakkan kaki pertama kali di oz

qantas mengantarkanku dari jakarta ke sydney malam hari, selama 6,5jam bersama lebih dari 30 orang pelajar indonesia yang dapet beasiswa dari pemerintah oz. enak kok pesawatnya, minim guncangan hehehe...
begitu sampe di sydney, jalan jauuuuh banget ke bagian custom and immigration. prosesnya cepet kok, abis itu ambil bagasi, dan declare anything.
karena ada kebijakan pemerintah oz bahwa ga tiap barang boleh dibawa. contohnya ikan asin dan berbagai fresh fruits/vegs. aku bawa kering kentang yang mengandung ikan teri, tapi ternyata lolos tuh :) lumayan lah... buat first week survival.
pas ngantri declare, aku ga ngeliat temen2ku 1 pun... duh, perasaanku udah ga enak nih, jangan2 aku lambreta dan ketinggalan mereka.

abis declare, aku harus ke terminal domestik untuk melanjutkan perjalanan ke melbourne. duh, jauuuuh bo. 5 menit kali jalan kaki sendirian pula... pas ngantri untuk masukin bagasi (lagi) aku baru ngeliat penampakan anak aps 6m3 deh kalo ga salah. aku tanya ke dia, 'temen2 yang lain mana?', dia cuma jawab, 'kayaknya ketahan di declare deh'.
sesaat menjelang aku masukin bagasi, aku baru ngeliat satu persatu temenku dateng. pas aku liat daf, aku tanya, 'mana rofii?' dan dijawab, 'masih jauh di tempat declare'. bukan apa2 sih nyari rofii, masalahnya, jaket dinginku dia yang bawa... hehehe... secara aku kan cewek dan berasa berat bawa2 jaket, jadi minta tolong ama rofii :).

abis ngurus bagasi, aku harus buru2 naik bis menuju pesawat ke melb. udah jam 8, dan boarding jam 810. ternyata dari terminal international ke domestik tuh jauuuuh banget, ada kali 7 menit pake bus. nah, itulah pertama kali menjejakkan kaki di oz :)
beneran deh, pas nyampe di terminal domestik, kedengeran kalo pesawatku udah last calling for boarding. udah gitu dapet di gate 17 yang emang jauuuuh dari pintu tempat aku turun bis.
sampe2 aku denger juga namaku dipanggil untuk naik pesawat... baru sekali ini terjadi padaku :)
intinya sih, airport sydney tuh gedeeee banget deh, bikin capek kalo kudu transit di sydney.

dengan nafas tersengal, aku berhasil juga dapetin itu flight, tapi kayaknya cuma ada aku dan 1 orang lain lagi, temen2 sesama melb entah masih dimana.
begitu dapet seat, belon sampe pesawat take off aku udah ketiduran... hehehe... begitu capeknya, jalan2 di airport sydney, di waktu indonesia barat yang masih jam 5 pagi.
aku baru bangun waktu sarapan dateng, tapi liat menunya aja udah ga nafsu. secara yand dikasih itu sereal, yoghurt, fresh milk, roti kismis yang kalo dingin tuh kerasss banget. liat menu kayak gitu, aku tidur lagi, dan bangun lagi pas pramugarinya mau beberes bekas sarapan.

selesai sarapan ala oz, aku liat ke bawah, dan guess what... itu pemandangan alamnya ga sebagus kalo kita terbang dari jakarta ke padang or jakarta ke surabaya. gurun aja, dan kayaknya tandus. ga ada tanda2 ada rumah or proyek penghijauan. beda banget kalo kita ke padang, dari atas masih keliatan kelapa sawit or rumah2 orang, juga gunung2 yang reliefnya itu amazing deh. kalo ke surabaya, yang kita liat ya daratan yang penuh dengan kehidupan, alias sepanjang pulau jawa itu padat penduduk.

syd ke melb sekitar 90 menit, lebih lama daripada jakarta ke padang.
akhirnya, pas jam 10 waktu setempat aku nyampe di melb. fyi aja, melb ama jak beda 3 jam lebih cepet melb, it means, di jak masih jam 7 pagi tuh.
cuma bisa bilang alhamdullillah deh ketika aku sampe dengan selamat, keinginan yang selama ini cuma impian, akhirnya jadi kenyataan juga...

~Bunda ShaHaRee~ said...

hello jeng ...
wah rajin update nih yeee ;-)

Alhamdulillah dah nyampe ya, impian dah menjadi kenyataan ... tinggal menjalani hari2 impian itu ;-)

Lita Uditomo said...

duh, senengnya udah sampe dengan selamat di melb...

asik deh baca cerita perjalanannya...berasa ngikut ke melb..;-)

Anonymous said...

Alhamdulillah akhirnya nyampe juga yah "nyium" baunya Melbourne secara langsung...kekekek...

Mudah2an kering kentangnya bisa "nemenin" dirimu lama yah...hahaha
secara disitu enggak ada lontong isi oncom ato tahu isi buat sarapan