Friday, May 04, 2007

hume highway journey


hadiah ultah tahunku ini adalah....
jalan2 menyusuri mulusnya aspal hume highway!

2 hari setelah ultah, dipikir-pikir, mau ngapain ya... secara bertepatan dengan easter break, aku dan 2D libur sekolahnya.
ya udah deh, akhirnya tanpa mikir lama2, aku dan mufti memutuskan untuk sewa mobil dan sabtu (7 april), mulailah perjalanan menuju Sydney. tapi sebelum ke Sydney, kami berencana mampir dulu ke Canberra.

ketika melintasi sydney road, dan membaca papan penunjuk jalan, SYDNEY 888km, wah, kebayang deh, bakal melintasi jalan yang panjaaaang berjam-jam.
berbekal peta yang dipinjam dari Moreland City Library, perjalanan jadi bener2 nyaman karena kami ga takut kesasar.
Hume Highway, diberi kode nomor 31, dan itu adalah jalan utama dari Melbourne ke Sydney. (ada lagi jalan alternatif dari Melb ke Syd, yaitu Princess Highway, melintasi pantai selatan benua Australia, tapi jalannya berliku2 ala Great Ocean Road, dan dijamin lebih jauh).
sepanjang jalan, tinggal baca tulisan 31 dan memperhatikan speed limit (maksimal 110km/jam),
berasa in the middle of nowhere, karena jalanan yang luas, tapi terkadang hanya ada mobil kami aja di sepanjang jalan itu, juga melihat pemandangan yang garingggg karena rumput yang menguning akibat hujan yang tak kunjung turun.
tapi, karena kami jalan2 pas musim gugur, beberapa pohon udah mulai merubah warna daunnya jadi merah atau kuning, duh... bagus deh...

berangkat dari Melbourne jam 9 pagi, rehat makan siang sejam, dan lanjut melalui barton highway menuju Canberra, dan baru nyampe jam 16.
capek? engga tuh, karena emang jalanannya lurus2 aja, sepi tapi aman, ga ada jalan berlubang, walaupun sinar mataharinya panasss banget.
agak deg2an juga karena jarang banget ada pom bensin di dalam highway, jadi sekalinya ada pom bensin langsung deh isi full.

No comments: