Thursday, May 10, 2007

manas2in

hobi memancing amarah orang, atau lebih halusnya = manas2in orang, kayaknya udah jadi hobi yang ga aneh buat orang indonesia.

bukannya apa2, seingetku nih, jaman aku masih SD, budheku suka nanya 'nilai rata2 raport-nya berapa?' kalo aku nyebutin sebuah angka, pasti sambungannya, 'wah, kalah dong ama si X, dia dapet 9 buat matematika' misalnya... maka, panaslah hatiku gara2 dibanding2kan gitu, dan kadang dengan hati yang masih panas aku bales jawab, 'bisa naik kelas aja udah syukur...'

juga ketika aku udah ngantor, ga cuman sekali dua kali ada orang yang nanya 'gajinya berapa?' mau dijawab jujur atau boong, pasti orang tetep ga percaya, entah kenapa...
kalo aku jawab jujur, kadang disambung dengan pernyataan 'kalo gajinya segitu, kapan bisa kaya... mbok ya pindah kerja kayak ditempat si Z, gajinya gede lho...'
kalo dijawab boong, kadang disambung dengan kata2 'wah, kaya ya elu... boleh ngutang ga...'
wah, sebel deh... bikin panas hati aja...

ketika aku hijrah ke melbourne, ekspektasi-ku nih aku ga bakalan nemu orang2 indo yang sifatnya bikin jutek itu...
tapi ternyata sejarah berkata lain.

perkataan seperti, 'si A tuh, kerjanya 10 jam/hari tapi nilainya H1 semua' (H1 itu adalah nilai tertinggi). dalam hati aku mikir2, kalo kerja 10 jam/hari, belajarnya kapan ya kok bisa dapet H1 melulu... hebat banget, secara aku yang ga nyambi kerja tapi nilainya ga bagus2 semua.
panas hati lagi? iyalah...
penasaran dengan gosip2 yang beredar tentang si A, suatu hari aku berkesempatan ketemu langsung ama A. setelah basa basi dari utara ke selatan, aku tanya langsung tentang kebenaran gosip tersebut.

N: lu kerja dimana aja?
A: biasalah, buka tutup toko di pasar, trus bagi2 junk mail ke rumah2.
N: kaya dong lu...
A: biasa aja kok...
N: katanya nilainya H1 semua ya?
A: ah, gosip tuh...
setengah percaya setengah engga, aku ga nanya2 lebih detil lagi. ya udahlah, ngobrol ama A aja juga udah cukup menentramkan hati untuk meng-konfirmasi gosip yang beredar.

yang lebih parah, si milis komunitas orang indo di perantauan beredar kabar 'si X lulus s3 dalam hitungan belasan bulan'
wah, semua orang membelalakkan mata, hampir semua teman2ku dilanda rasa ga percaya...
usut punya usut, ternyata berita itu memang benar, tapi hanya sebagian saja.
berita lengkapnya adalah 'si X lulus s3 hanya dalam belasan bulan di unimelb, tapi udah menuntut ilmu di tempat lain selama 2.5tahun...' alias si X cuman ngelanjutin aja di unimelb, dan total masa belajarnya sih 4 tahun.
wakakakaksss... ketika seorang teman menceritakan hal tersebut pas lagi kumpul2 dan kami mengetahui kebenaran berita itu, yang namanya rasa panas hati itu langsung ilang...

haduh, ternyata ya, ga di indo ga di rantau, kebiasan bikin orang panas hati itu jalan terus...

3 comments:

Mieke said...

he he he ada2 saja....kalo aku disini mau ngerumpi sama siapa ya? temennya sapi, kuda, kambing he hehe, di pedesaan sih....
Emang....kalo tanya langsung ke yang bersangkutan lebih afdol dan akurat.

Wenny said...

He...he..he Nen...kalo udah "bawaan" mah mo pindah kemana juga sama aja....lagian ngga usah dipikirin lagi..

lita uditomo said...

wah...makasih ya, nen...diingetin...

suka takut juga ngga nyadar ngomong yg bikin panas hati orang..;)

btw, cerita jalan2nya bikin ngiri euy, nen...asik bangettt...