Monday, September 25, 2006

ballarat


hari pertama puasa... abis sahur, tidur lagi, dan bangun jam 8, mikir2... mau kemana ya hari ini... hehehe... males banget nih kalo hari pertama puasa di rumah aja.
akhirnya, setelah liat2 peta, kami memutuskan untuk jalan2 aja deh ke ballarat, kota tambang emas-nya oz. sejarahnya sih kota ini memulai hidupnya di tahun 1854.
berangkat jam 1030 meninggalkan melb yang panas dan cerah ceria walau berangin, kita berangkat cuman berbekal peta aja lho :). tapi untungnya petunjuk dari DLLAJR-nya oz tuh lengkap, jadi kita ga takut kesasar.

di tengah perjalanan, mulai shower... aku mikir, ini cuaca terang kok ya shower ya... eh, ga lama kemudian hujan dereees banget. sempet terpikir untuk putar balik aja ke melb, tapi dengan harapan cuaca yang akan berubah, kita lanjut terus ke ballarat.

1.5 jam perjalanan, kita nyampe di ballarat, yang masih hujan. duh, bete ga sih... rencana jalan2 menambang emas batal sudah. tapi ya daripada kecewa, kita jalan2 aja deh di gold museum-nya.
museum yang kayaknya seuprit gitu, taunya kalo diputerin makan waktu 2 jam-an juga lho... emang orang oz nih pinter ngejual sejarah ya... tiap benda itu dihargai banget sejarahnya, sampe kadang aku mikir, 'walah, gerobak gini aja kok ya masuk museum ya...' tapi karena gerobak itu kan buat naruh emas yang abis ditambang, jadi bersejarah, makanya masuk museum. bener2 museum itu isinya 'sampah yang diatur dan dihargai' deh :)

keluar dari museum, langit mulai cerah, tapi karena udah mulai sore dan orang dewasanya pada menahan laper dan haus, kita jadinya ga masuk ke sovereign hill-nya, berharap kapan2 bisa kembali lagi...

oia, ciri khas-nya ballarat, adalah karena kota ini punya bendera sendiri lho... berlatar warna biru, dan salib warna putih dengan hiasan bintang di tiap ujung2 salib dan di pertemuan garis di tengah2 salib.

tapi kita sempet juga mengunjungi information centre-nya, yang brosur2 perjalanan wisatanya juga selengkap di federation square. duh, bener2 deh orang oz ini pinter promo pariwisata, walaupun padahal nih, kalo udah dikunjungi, tempatnya tuh biasaaaa banget. harusnya nih, kalo orang indo juga se-kreatif orang oz, plus para sdm-nya mau merawat objek wisata, pasti deh pendapatan negara akan meningkat dari sektor pariwisata :)

6 comments:

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

wah heubattt, hari pertama puasa jalan2 ya jeng ;-)

daku mah di rumah aja neeh, secara misoa baru ga ada end nemenin shafa nungguin bedug magrib ;-)

drshanti said...

met puasa ya jeng....

ratih said...

mbak Nenny pa kabar? masih puasa kan? puasa dong ya kan ya dong...:-)

salam kangeeen!
:ratih

lita uditomo said...

gimana puasanya, Nen ? lancar ?
si imut ikutan puasa ngga ?

seneng deh ih baca cerita2nya..

Dianibung said...

iya Mba, org sono emang pinter promo. ada tuh tempat pariwisata yg katanya bisa liat kotanya dr puncak bukit, lha kok ternyata cuma kayak pinggir jln aja, di tgh ilalang, dipagerin doang (aq lupa di mana, pokoknya oz). yah kalah ma dago tea housenya bdg, or skrg the peak etc ya... he3. Qta yg payah ga bisa promosiin tmpt2 qta kan...Ini blog harian aku.http://cattandian.blogspot.com/

Dianibung said...

http://catatandian.blogspot.com/ sorry salah tulis