Sunday, February 25, 2007

urusan parkir

di melbourne, kalo mau parkir, tinggal liat aja papan penunjuk jalan, boleh parkir ga... tandanya bisa 1/4P, 1/2P, 1P, atau 2P dengan variasi antara ada tulisan meter/ticket atau dengan variasi waktu.
jadi misalnya ada tulisan 1P meter 730am - 630pm mon to fri, artinya kalo mau parkir di situ, maksimal 1 jam, kalo parkir dari hari senin ampe jumat jam 730 pagi ampe 630 sore, kudu beli tiket di ticket machine.

waktu masih awal2 pake mobil dan mau parkir, sempet bingung, duh piye ya caranya bayar tiket. jadinya observasi dulu, ngeliat orang lain parkir, baru deh kita ngikutin caranya.

waktu mau shalat idul adha di konjen, duh, susah banget cari parkiran, sekalinya ada, jauh banget dari mesin tiketnya. akhirnya aku datengin mesin tiketnya, masukin koin, tapi kok ga ada pergerakan ya... dicancel ga mau, dan tiket ga keluar. pas aku baca, yah, itu kan parkiran dari mon to fri aja, jadi sabtu minggu bebas mau parkir, ga perlu bayar. payah deh, ilang coin $2ku...

pernah lagi, pas parkir di city. tiketnya $3.5/jam. aku ga punya koin pecahan segitu, akhirnya aku masukin $4, dan ga ada kembaliannya. sebelnya, ternyata urusanku di city itu cuman sebentar, ga sampe 10 menit... duh, tau gitu kan mending mufti muter 1 blok aja, sekali muter, urusanku juga udah beres.

terakhir, urusan parkir yang cukup menyebalkan adalah waktu ke footscray bareng nining, hari sabtu. biasanya sih (kalo di moreland/brunswick) kalo sabtu free parking. kalo di footscray, taunya lain aturannya. pas udah parkir, kita ber3 ga ada yang perhatiin itu boleh parkirnya berapa lama. kita ngeliatnya di seberang jalan 1P kok, jadi asumsinya ya maksimal parkir 1 jam. pas keluar dari toko yang ga nyampe 1 jam, olalaaaa... kita dapet surat tilang!
ternyata di bagian jalan itu, maksimal free parkingnya cuman 1/2 jam.
kalo lagi apes, mau gimana lagi... kepaksa deh bayar tilang yang bisa buat beli tiket tram 3 minggu :(

2 comments:

Mieke said...

He..he..he seru juga baca cerita Neny ttg parkir, pusing juga yah...tapi kalo sdh terbiasa jadi merasa nyaman kali karena tertib aturannya :)

~Bunda ShaHaRee~ said...

wah klo disini pasti kebayang, asyik ya disana serba teratur :-)

klo dsana pasti mikir, duh nikmatnya hidup di indo, ga beribet begini hehehe ....