Sunday, February 25, 2007

junk food

pernah suatu hari, aku diundang makan siang di eltham ama wida (aku yakin sih, ken, suaminya wida pasti ga niat ngundang aku hehehe).
sesuai dengan instruksi barbara, guru cross culture-ku di ialf, kalo diundang jangan lupa bawa makan ya... ya udah, aku memutuskan bawa roti aja, buat cemilan, beli di safeway.
alhasil, ketika aku ngasih itu roti, ken tanggapannya gini, 'this is very unhealthy food'.
walah, kenapa ya...
ternyata, kata ken, roti kan bahannya tepung yang udah mengandung gula/pemanis, ditambah pake cream dan jams yang juga manis, jadinya itu makanan ga sehat dan tergolong junk food.

ken komentar lagi yang intinya, 'ikutin gaya hidup sehatku dong...', secara doi udah umur 70 tapi masih kuat berkebun, nyetir sendiri, bush walking, dll dan ga punya sakit yang aneh2.
rahasianya, emang makan2an yang sehat terus, misalnya mash potatoes pake sosis atau berbagai variasi daging dan salad, minumnya air putih, dan jangan lupa makan buah.

iya sih, bener juga apa yang diomongin ken. emang semua makanan itu bisa jadi sumber penyakit kan kalo kita ga pinter2 milih. dan kayaknya, semua makanan yang ditawarkan di restoran, nyaris semuanya junk food.
kalo ke nelayan, resto indo, makan nasi pake rendang plus sambel goreng kentang (karbohidratnya double, santannya ga baik buat pencernaan, akibatnya masuk kategori junk-food).
kalo ke brunetti, toko kue di daerah lygon, pasti pesennya mousse caramel pake minum hot chocolate (tepung ama gula, junk food juga).
kalo ke max brenner, minum sucao yang full cream milk, ga sehat juga, karena lemak sapinya ga dipisah dari susunya.
pesen pizza apalagi, yang jelas2 dari wheat flour alias tepung, pasti udah junk food.
trus, kalo kepepet, makan di kfc or mc.d, duh, itu sih udah pasti junk food karena most of their food kan goreng2an.

jadinya gimana dong...
yah, kepaksa deh beli bahan mentah dan masak di rumah.
akhir2nya, aku memutuskan untuk sering2 beli sosis dan ayam mentah di madina halal meat, dibumbui kecap ama mentega, terus di grill, makan pake mash potato... hmm... enak juga kok makan healthy food ;).

1 comment:

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

yes, absolutely jeng, paling bagus makan healthy food ya ...

cuma kenyataannya ... hehehe :-)