Sunday, February 25, 2007

kalo lagi summer...

summer di oz:
1. suhu udaranya ga bisa ditebak, pagi 18 derajat, siang bisa nyampe 42, dan malem turun jadi 24.
2. angin masih tetep kenceng, dengan hembusan yang setara dengan suhu saat itu (jadi kalo suhunya 42 derajat, ya anginnya juga sepanas itu). angin sepoi2, ngimpi kalie...
3. jarang hujan, akibatnya rumput jadi kuning, duh, jelek banget deh... kontras dari winter ketika aku dateng itu rumput tebel ijo royo2 :)
4. bush fire dimana-mana. kalo ada daerah country yang kena kebakaran hutan, asapnya ampe ke city... panas plus bau asep.
5. anehnya, ga keringetan!
6. banyak laler. udah gitu, lalernya itu dateng aja sesuka hatinya, ngejar manusia bahkan hobi nempel di kulit. jitjay ga sih... kalo winter sih, bersih... no flies at all!

7. yang paling parah: water restriction, pembatasan penggunaan air. air ga boleh dibuang2 sesuka hati, ga boleh nyiram taneman atau nyuci mobil pake selang.
bahkan ada himbauan di koran2 lokal, 'jika kamu sedang menunggu air shower pada suhu yang diinginkan, jangan biarkan air mengalir begitu saja. tampung dengan ember, dan kamu bisa memakai air itu untuk mencuci mobil dengan lap'. haduh, sampe segitunya ya pemerintah oz ini peduli dengan jumlah cadangan air tanahnya.
sampe2, pas pemilihan premier victoria kemarin, issue air ini bisa mengundang debat yang menarik. dooo, boro2 kalo di indo ngangkat issue lingkungan, bakal ga dipilih jadi gubernur deh, karena ga menarik sama sekali.

ternyata, setelah hampir 3 musim aku lalui di oz, musim yang paling bagus emang winter... secara suhunya terus2an konstan antara 4-15 derajat, orang2nya juga bajunya sopan2 (kalo winter kan semua pake baju rapet dari ujung rambut ampe ujung kaki), juga bentuk2 bangunan keliatan bagusnya, secara kalo pas summer semua pohon daunnya gondrong dan bikin ga jelas kalo liat suatu bangunan.

1 comment:

Mieke said...

Wow perubahan suhunya besar sekali yah di musim panas...kondisi badan mesti fit tuh. Hm..sama lalat dah mulai keluar deh kalo masuk musim panas :(