Sunday, August 13, 2006

monumen perang dunia


setelah 2 minggu di melb, akhirnya baru hari minggu ini aku berhasil jalan2 ke city ama keluarga. itupun cuman numpang ke terminus-nya tram 55 di domain interchange karena setahuku ada taman yang bagus disitu. cuaca lagi cerah, langit biru, tapi anginnya booo...
ternyata, taman yang bagus itu, isinya berbagai monumen peringatan para tentara yang meninggal pas perang dunia 1 dan 2.
tapi karena ga ada batu nisan, jadinya ga ada kesan seram seperti kalo kita masuk ke taman makam pahlawan di malang (eh, tapi sekarang itu TMP juga ga seram karena di sebelahnya udah dibangun malang town square).
di tiap pohon yang ditanam, disitu diletakkan batu peringatan yang tulisannya kurang lebih "untuk menghormati brigade X yang berjuang pada perang pacific". ada ratusan pohon di taman itu, dan terkadang di tiap pohon ada 2 batu peringatan, duh, bener2 dihargai ya pengorbanan para prajurit itu...

di tengah2 taman, ada bangunan gede a la bangunan jaman romawi, yang ditengah2nya ada tugu yang tulisannya "greater love hath no more", semacam anjuran untuk tidak lagi berperang.
bangunan seperti ini, sebenernya nyaris2 sama aja kayak gedung kesenian jakarta yang ada di pasar baru, kelebihan bangunan di melbourne ini mungkin karena bangunannya terawat plus ada taman di sekelilingnya, plus lagi ga ada pkl, plus lagi ga ada gelandangan yang tidur di depan gedung :).

1 comment:

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

wah photonya 2D kog ga keliatan ya ? ;-)