Wednesday, October 24, 2007

8 habits

mumpung itu proposal principles of international law baru di submit, dan bakalan nganggur selama 12 jam kedepan, aku mau review 8 habits seperti yang udah dilemparkan mba lita ama kak pipit kepadaku.

reminder aja, ini habits yang saat ini sedang terjadi lho ya... secara sekarang aku lagi jadi student, pasti habitsnya bakalan beda banget ama kalo aku jadi orang kantoran hehehe...

habit pertama:
ga tentu jam biologisnya.
jam 8 malem kayak gini, bisa jadi aku lagi makan, lagi nyenyak2nya tidur, baru bangun dari tidur siang, lagi nongkrong di depan kompie (YMan, browsing, nge-bay), atau lagi konsentrasi penuh ngegarap paper, lagi nge-dongeng buat anak2 sebagai pengantar tidur.
ga jelas deh... makan juga ga jelas berapa kali dalam sehari, yang jelas cuman mandi sehari sekali doang (eh kecuali kalo pas summer-nya 42 degree, bisa sehari 4x lho!).

habit kedua:
kalo ada barang yang ga 'beres' langsung bikin komplen ke penjualnya.
misalnya nih, pas water jug ikea-ku pecah gara2 dituangi air panas, dengan serta merta aku nulis komplen ke ikea, dan langsung ditanggapi ama store managernya.
dia bilang, 'haduh jeng, itu water jug emang kagak bisa dipake buat air panas... sori kagak kasih tau... kita ganti duitnya deh, tapi bawa water jug-nya ke toko ya'
aiiiih... senengnyaaa... komplenku didenger, plus dapet reimburse pula!
trus pernah juga nih, komplen pas masang telfon. si providernya (optus) janji tanggal 12 itu line telfon bisa dipake... ternyata baru tanggal 22 bisa kring.
wah, aku komplen dong ama optus... dan beberapa hari kemudian, ada surat permintaan maaf plus diskon biaya pasang... aseeeekkkk... plus lagi, selang beberapa bulan kemudian, dateng surat lagi kalo aku dapet free abonemen. hip hip hurrraaayyy...
komplen menjadi kegiatan yang menyenangkan!

habit ketiga:
berkunjung ke library.
selain library kampus (baillieu yang agak2 spooky kalo gelap, dan LRC yang kontras banget ama baillieu), aku juga rajin berkunjung ke moreland city library. dari 5 city library-nya, udah 4 aku jelajahi.
lumayan-lah, bisa minjem2 buku gretong, apalagi buku anak2. juga ada majalah femina di coburg library. jadi ga ketinggalan berita ama iklan2 terbaru di indo.
lho, kok iklan sih? iya, abis, kalo cuman artikel sih, biasa2 aja kan... nyari di internet malah dapetnya lebih beragam. kalo iklan gitu kan ga ada di internet hehehe.

habit keempat:
searching nama2 orang.
kerjaan iseng banget sih, tapi penting!
secara kalo misalnya diundang seminar, aku harus tau itu kredibilitas si presenter kayak gimana (misalnya dia focus research-nya apaan, di daerah mana), jadi kan ga bakal terlontar pertanyaan2 yang ga relevan ama bidangnya si presenter.
misalnya nih, kalo dina yang jadi presenter nih dan tau dia focus research-nya tentang respon NGO di aceh, bakalan aneh kan kalo aku nanya tentang hukum islam di makasar hehehe...

habit kelima:
window shopping.
kebiasaan kalo lagi jutek beratsss. dulu paling cuman di sydney road doang.
bosen di sydney road, pindah ke victoria market.
bosen? pindah ke moonee ponds.
bosen, pindah ke highpoint.
bosen lagi, pindah ke DFO city.
trus, balik lagi ke sydney road... muter2 aja deh dari situ ke situ.
eh, tapinya secara itu sydney road panjannnggg banget, kadang2 ga terlalu bosen juga sih window shopping di situ. bisa ke barkly square, ke madina halal meat, ke coburg library, ke berbagai factory outlet (dari sepatu, tas ampe baju, sagala aya dah...).

habit keenam:
telfon ke ortu di malang.
sering banget! paling sedikit seminggu sekali.
kangen sih engga, cuman pengen ngobrol aja hehehe... secara kalo ngobrol ama temen2 disini kan dari urusan sekolah ke urusan sekolah juga... jadi kadang2 bosen ngobrolnya. bukan bener2 bosen sih, tapi kan urusan sekolah itu emang berattttsss, pressure-nya tinggi, jadi kebayang dong kalo aku telfon ke ophie ceritanya ya dari subject ini ke itu, dosen ini ke itu... wah... garing deh...
kalo telfon ke mama kan bisa nanya2 resep makanan atau nanyain sodara2 yang lain. ngobrolnya itu down to earth gitu lho hehehe...

habit ketujuh:
males misah2in baju di mesin cuci.
repot... buang2 waktu. buang2 air. buang2 tenaga.
kebayang ga kalo misalnya hari ini aku nyuci baju yang warnanya putih semua.
besok nyuci baju yang warna warni.
lusa nyuci khusus underwear.
besoknya lagi nyuci sprei doang.
walah... kalo mesin cuci-nya ga full, kok kayaknya sayang ya ngebuang air, secara kan aku peduli ama lingkungan dan di oz lagi kekeringan nih akibat hujan yang turunnya ga sesuai harapan.
kalo mau nyuci misah2 pake ember, halah... emang kerjaanku cuman nyuci aja...
secara ga punya babu gitu lhooo... nyuci kudu optimal!
ga peduli mau baju warna putih, warna warni, underwear (dimasukin laundry bag sih), sprei, handuk dll asal muat ya hayoo aja masukin mesin cuci.
so far so good, secara pake mesin cuci front loader automatic (duh, i wish i could bring this machine to indonesia... huwahahaaa...), jadi baju2 kita sekeluarga belon pernah ada yang rusak (beda banget ama mesin cuci di depok yang top loader, bikin kaos melar!).

habit kedelapan:
jarang banget jajan makanan.
abis ngeri sih. kalo ngajakin temen makan di resto yang ga ada tanda halal-nya, pasti dibilang, 'ntar kalo si penjual pake panci yang bekas masak pork gimana dong?'.
kalo ngajakin temen nongkrong di kafe buat minum hot chocolate dan brownies, ntar dibilang, 'itu brownies pasti pake emulsifier dari lemak babi'.
beli es krim, idem juga, 'ntar ada lemak babi-nya'.
haduuuuh... berasa mau pecah deh ini kepala kalo mikirin segala babi di semua makanan.
jadi bingung kan mau makan dimana...
resto yang nulis halal-pun, kadang2 dia juga nulis BYO di depan resto-nya.
BYO artinya bring your own (wine/beer). jadi boleh2 aja bawa minuman haram ke resto.
lah nanti pertanyaannya, 'ih itu kan peralatan minum bekas orang minum wine/beer... haram dong kita minum pake gelas itu'. arrrrrgggghhhh... pusing deh!
evenpun itu resto indo, ga semua resto indo itu bersertifikat halal lho.
jadinya, yah kepaksa masak sendiri deh... bahan2nya beli di halal butcher, tapi kalo terus2an makan dirumah kan bosen juga (walaupun sehat dan irit).
alhasil, aku mengakui bahwa makanan indonesia itu membosankan hahahaaa... secara bumbu siap pakai yang tersedia hanya berkisar antara soto, rawon, rendang, opor, gule, nasi goreng, semur, sop atau ayam kalasan.

nah... kelar sudah!
cuman minta delapan aja kan ya?
trus, kudu ngasih tugas ini ke temen2 yang lain ya?
haduuuh... let me think later deh siapa aja yang belon pernah kena tugas ini.
yang jelas tugasku udah rampung ;).

2 comments:

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

habits kelima paling asyik tuh jeng :D

IbuDzakyFai said...

selesai juga yah.....