Thursday, August 02, 2007

melbourne aquarium


29 juli 2007
ga ada ide mau pergi ke luar kota... akhirnya kita memutuskan untuk jalan2 aja ke melbourne aquarium, sebuah tempat yang sering banget kita lewati kalo mau jalan2 ke arah selatan melbourne.
sebenernya sih agak2 males pergi ke aquarium, secara menurut rekomendasi dari fika dan tony (ex class mate-ku di ialf yang sekarang ada di adelaide), keindahan aquarium itu ga sebanding ama biaya tiketnya.
tapi, kalau aku ga masuk dan melihat sendiri, kok rasanya ga sreg juga ya menerima mentah2 komentar temen2ku itu. akhirnya, yah... gitu deh... berangkat juga ke melbourne aquarium.
masuk ke dalam aquarium setelah melewati antrian tiket yang lumayan panjang, haduuuh... rameeee banget deh, mostly isinya anak2 plus parent/s atau guardiannya. dan sesuai dengan judulnya, isinya beneran ikan semua plus temen2 si ikan itu, mulai dari ikan hias, clown fish, seahorse, dll (banyak banget sih, dan secara aku ga familiar ama dunia perikanan, jadi ga terlalu ambisius meneliti jenis2 ikan tersebut satu persatu).
usai melihat ikan2 di aquarium, kita jalan2 ke ground level yang isinya creepy creatures (termasuk koleksi baru di melbourne aquarium). isinya, insect2 kecil seperti spider (yang jenisnya banyak banget), semut, scorpion, dll deh. oh iya, ada juga aquarium khusus kodok (yang mungil2, cuman seujung jempol aja) ijo dan item. di tengah2 ruangan ada semacam billabong (kolam air) yang isinya ikan campur ama turtles dan belut. sempet juga ngeliat atraksi pemberian makan buat turtle, yang ternyata pemangsa ikan segar... juga ada aquarium khusus crab (dari yang warnanya merah, ijo, putih... ada semuanya).
trus kita turun lagi ke bawah, di basement yang bertemakan ocean down under. isinya segala macem ubur2, karang, starfish, segala biota dasar laut dan tentu saja ikan...
di oceanariumnya, ikan yang mendominasi pemandangan aquarium adalah ikan pari (yang ternyata emang buntutnya panjang dan keliatan tajem) dan shark yang badannya emang gedeee banget. sayang aja ga ada dolphin...
yang jelas sih, dhevi dan deana puas melihat2 berjenis2 ikan berenang kesana kemari. juga, mereka bisa belajar biologi di usia dini.
misalnya, dhevi jadi ngerti kalo shark itu giginya tajem2 dan makannya daging; sementara ikan2 hias itu kan ga keliatan giginya dan makannya cuman pakan ikan, bukan daging.
buat aku sendiri, lumayan lah pergi ke aquarium buat ngisi waktu hari minggu kalo ga ada acara ke luar kota (walau kalo pake itung2an ekonomis, kayaknya lebih ngirit jalan2 ke luar kota daripada ke city hehehe... secara kalo jalan2 ke city itu adaaaaa aja yang pengen dibeli ;))

2 comments:

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

so, kesimpulan, kalap mata dong jeng klo jalan2 ke kota hehehe ...

ngirinya gini nih, jalan2 melulu hehehe ..

Wenny said...

Kalo gue Nen....kuciwa berat sama Melbourne Aquarium...bagusan Seaworld Ancol ah.....