Saturday, July 07, 2007

berakhirnya sebuah masa

aku inget banget, ketika itu bulan maret 2004.
ketika aku merasa butuh pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah masuk angin yang seringkali menimpaku dan juga bersin2 yang ga kenal waktu.
kalo masuk angin, aku dengan senang hati melakukan kerokan untuk mengatasinya.
dan kalo bersin2nya udah bikin sakit kepala, yah, kepaksa juga minum obat bebas.

secara aku tau dan sadar kegiatan kerokan dan minum obat bebas itu ga baik untuk kesehatan di masa yang akan datang, maka aku mulai milih2 cara pengobatan alternatif yang menyenangkan...
setahun sebelumnya, di milis dunia-ibu lagi heboh pengobatan pakai aromaterapi. setahun berlalu dan topik ini masih tetep dibahas dengan berbagai pertanyaan, testimoni bahkan juga tawaran bisnisnya.

aku jadi mikir2, apa salahnya sih dicoba... siapa tau cocok.
lalu akhirnya aku pesan paket awal beraromaterapi, yang meliputi diffuser dan oil yang cocok buat menyembuhkan bersin2 dan meningkatkan daya tahan tubuh supaya ga gampang masuk angin.
amazingly, it works...! dalam jangka waktu 2 bulan pemakaian intensif, aku jadi jarang banget masuk angin atau bersin2/pilek/sakit kepala. wah... senengnya... :)

cerita selanjutnya, aku jadi tertarik ama peluang bisnis aromaterapi ini.
yah, emang dasarnya aku seneng mencoba2 segala macam kegiatan, kupikir2 apa salahnya mencoba kemampuanku mem-persuasif orang lain untuk ikut mencoba pakai aromaterapi dan memperoleh manfaatnya, baik manfaat kesehatan ataupun manfaat finansialnya.
bisnis aromaterapi sebenernya adalah bisnis jaringan, multi level marketing. sempet mikir2 juga sisi positif dan negatif-nya bisnis ini. dan setelah mempelajari sistemnya, mulai dari cara kerja produk dan cara memperoleh keuntungan, aku pikir2... yah, apa salahnya sih dicoba...

itungan modalnya juga ga begitu besar, dan hitung2an diatas kertas, itu modal bakal balik kalo aku berhasil menjual beberapa paket awal aromaterapi.
trus lagi, kegiatan bisnis ini relatif ga repot karena semua dilakukan dengan cara online. my upline made this possible.
jadi yah, aku jalanin gitu aja... semuanya mengalir...

kalau akhirnya aku dapet keuntungan materi dari bisnis ini, aduh, alhamdullillah banget deh. tapi yang jelas, keuntungan terbesar yang aku dapatkan dari bisnis ini adalah memperoleh teman2 baru (baik sesama pebisnis aromaterapi ataupun pelanggan setia) dan mempunyai semangat mempelajari hal2 baru (termasuk belajar berargument juga lho... apalagi kalo menghadapi calon pembeli yang ngeyel :)).

yang lebih asyik lagi dari bisnis ini adalah ketika aku udah punya jaringan teman2 dan pelanggan setia yang rutin pesan barang. dengan adanya mereka, aku ga perlu capek2 lagi ngomong atau nulis ampe berbuih2 untuk menjual sebuah barang. barang kejual, keuntungan dapet, hubungan pertemanan juga berjalan baik :)

karena udah merasa 'cukup', secara udah balik modal dan punya teman2 baru, aku mulai bekerja di balik layar aja... jadi cuman support teman2 yang berniat serius menjalani bisnis ini.
mereka bisa bertanya ke aku mulai dari masalah produk, masalah bisnis atau masalah strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk meluaskan jaringan. dan aku dengan senang hati akan menjawabnya.

aduh, emang dasar aku tuh gampang tertantang untuk melakukan pekerjaan baru, jadinya ketika bisnis udah bagus gitu, aku cenderung malah 'membiarkan' bisnis itu berjalan sendiri... toh para downline-ku juga pada pinter2 kok :)

setelah itu, aku memilih untuk menjalani hidup baru: jadi scholarship hunter!
jadinya aku konsentrasi penuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, secara tes2 untuk dapet beasiswa selalu pakai bahasa inggris.
cukup lama juga proses untuk dapet beasiswa. setahun nyoba berbagai tes, beberapa kali gagal, sempet merasa capek dan merasa 'aduh, mungkin emang bukan garis tanganku kalee dapet beasiswa'. tapi, alhamdullillah, pada tes ke-sekian kalinya, akhirnya aku dapet juga beasiswa dari Australian Partnership Scholarship. wah, senengnya... kesampaian juga cita2ku untuk nerusin sekolah ke luar negeri!

bisa ditebak, kehidupan baru sebagai seorang pelajar, pasti sangat menyenangkan dan melelahkan pada saat yang bersamaan.
ritme hidup yang baru, kebiasaan2 lama yang harus ditinggalkan, juga yang agak menyiksa adalah... ga bisa online berlama2 dengan teman2 di dunia maya.
tapi yah, dijalanin aja deh...

selama aku sekolah, kegiatan bisnis aromaterapiku ga berhenti lho. thanks a lot to yang namanya teknologi... karena kapan aja dan dimana aja aku berada, bisnis ini tetap berjalan.
kalo ada pertanyaan2 dari calon pelanggan, aku tetep bisa jawab e-mail2 mereka, dan kalau udah deal mau beli atau mau jadi member, aku tinggal minta tolong ke salah satu downline-ku untuk mem-follow-up. aih, seneng deh ngejalanin bisnis ini...

tapi kesenangan ini ga berlangsung lama. bulan kemarin, bisnis aromaterapi ini dinyatakan tutup oleh kantor pusatnya. mungkin karena nilai penjualan di indonesia ga terlalu bagus atau entah kenapa... aku juga ga begitu ngerti apa yang terjadi.
yang jelas, ketika aku dapat e-mail notifikasi pemberhentian kegiatan bisnis aromaterapi, aku merasa ada sesuatu yang bakal hilang dari hidupku.
pekerjaan, profit, dan yang terpenting adalah kehilangan teman2 bisnis. yah, walaupun kami masih bisa berkirim kabar melalui e-mail, tapi intensitas-nya akan semakin berkurang dan mungkin aja obrolannya juga mungkin bakal jadi hambar. it was really a sad end.

tapi sudahlah... nothing last forever and I know that everything has an end.
I wish that this end is a beginning for other things...
*tetep semangat untuk mencari peluang2 bisnis yang lain di masa yang akan datang*

3 comments:

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

no comment jeng :D

ratih said...

hiks, daku juga kehilangan :(

nana said...

eh mba neny, kayanya kepengen juga tuh nyobain aromaterapinya...satu paketnya brapa mbak?
japri saja mbak hehe, di aira_yustisia@yahoo.com.
tq
-nana-