Wednesday, February 27, 2008

Refleksi kehidupan di Melbourne

Duh, udah 2 bulan berlalu dari terakhir kali meng-update blog.
Terakhir cuman sempat menulis tentang hari2 terakhir di Melbourne yang memacu jantung bekerja ekstra. Mulai dari ribetnya hari2 menjelang submit paper terakhir; meyortir barang antara yang mau dibawa/dikirim ke Depok, dijual atau dibuang, yang sepertinya never ending story; ngurus kargo; ngurus2 pemutusan listrik, air, gas dan telefon; sampai urusan nutup rekening bank dan kartu kredit.
Itu ‘cuma’ urusanku aja.
Urusannya Mufti, Dhevi dan Deana juga ga kalah panjang.
Mufti yang harus mengajukan permohonan berhenti dan terpaksa juga harus cari ganti orang; ngurus2 rekening bank (juga); ngurus tax return (thanks God, untuk urusan ini udah diserahkan sepenuhnya ke Ken); ngurus jual beli mobil, termasuk nyari bengkel yang bisa sekalian ngurus surat layak jalan kendaraan; sampai berujung pada makan malam bersama bos & keluarganya.

Dhevi yang harus tampil di acara sekolah (baik group ataupun individu), untuk menyanyi, menari, dan bahkan untuk keyboard performance (halah, belajar keyboard juga cuma seminggu sekali itupun 30 menit aja, tetep kudu ikutan performance!).

Deana ga gitu ribet. Tapi secara sebelum pertemuan di session terakhir itu Deana ultah, maka aku minta gurunya untuk sekedar tiup lilin di sekolah,cuma sebagai pertanda Deana sudah 4 tahun. Di akhir session, idem dengan Dhevi, ada sebuah performance operet Natal di kindy. Menyanyi dan menari merupakan acara utama dalam acara tersebut yang ditutup dengan acara ramah tamah dengan guru dan sesama orang tua murid.

Dan untuk kami ber-4, segala riuh rendah dan suka duka hidup di Melbourne selama 19 bulan untukku (dan 17 bulan untuk Mufti, Dhevi dan Deana) diakhiri dengan acara farewell party yang diselenggarakan di rumah Melon oleh semua temen2 Law angkatan winter 2006 dan 2 orang teman dari fakultas lain. Sebagian perasaanku menyiratkan rasa senang, terharu dan bangga karena akhirnya semua masalah di Melbourne bisa aku lalui, sementara sebagian besar perasaanku yang lain menyimpan rasa sedih untuk meninggalkan indahnya masa2 sekolah. Juga terbesit rasa kasian buat anak2 karena udah kebayang bahwa di Indonesia mereka akan sekolah di bawah tekanan harus ini dan itu demi mewujudkan target sebuah kurikulum.

Setelah menjalani sekolah di luar negeri dengan membawa keluarga, ternyata bukanlah hal yang sulit, walaupun juga bukan hal yang mudah.
Sulit, karena aku dan Mufti harus bener2 saling menjaga dan mengurus anak2 kami tanpa bantuan orang lain; untuk segala hal. Tapi seiring berjalannya waktu dan karena telah terbiasa, semuanya itu ga jadi masalah. Malah kami merasa senang bisa sering2 kumpul ama anak2 dan tau bagaimana mereka tumbuh dan berkembang dalam pengawasan kami. Kalau dulu sering dengar kata2 ’apa sih yang ga dikasih kalo buat anak’, nah, pada saat2 kami di Melbourne inilah kata2 itu bukan cuma sekedar menjadi pemanis bibir. Alhamdullillah, kami tidak hanya memberikan sandang, pangan dan papan yang layak bagi anak2 kami, tapi juga kami mampu memberikan hampir seluruh perhatian kami untuk anak2 kami. Karena, ternyata kehidupan kantoran di Jakarta membuat kami hanya memiliki sisa waktu yang tidak berkualitas untuk anak2. Dengan berbagai alasan terkadang kami sampai rumah dalam keadaan yang ’menyedihkan’. Capek (baik di jalan atau di kantor) adalah alasan yang seringkali terlontar ketika sebenarnya anak2 ingin mengobrol.

Kebayang deh, sepertinya kalau sudah sibuk ngantor, bakalan merindukan lagi masa2 seperti di Melbourne. Masa2 dimana harus bangun pagi2 dan harus ngurusin keperluan anak2 menjelang sekolah, masak, ke kampus, pulang kampus juga masih harus ngurusin rumah dan segala macemnya, dan malam hari masih harus baca buku/paper/jurnal. Masa2 yang penuh tekanan tapi juga sangat menyenangkan.

Hmm..., I really really gonna miss that moments. Although I may be too naïve to say that these were the best days of ours, but I think I will take a chance if God gives me another opportunity to repeat these moments.

Dan ketika hari mulai gelap di tanggal 30 December 2007, itulah menit2 terakhir kami di Melbourne. Aku merasa terharu ketika teman2 senasib seperjuanganku datang untuk menyampaikan selamat jalan dan semoga sukses di kehidupan selanjutnya. Duh, rasanya separuh hatiku tertambat di cumming street.
But live will go on, and I know that we all will be okay.
Good bye Melbourne, wish I could come back again someday!

No comments: