Friday, April 07, 2006

ketika pilihan itu cuma KRL... hiks...

5 tahun yang lalu pas abis nikah dan bermukim di depok, aku ama suami masih sanggup untuk menyusuri jalan memakai mobil untuk sampe ke kantor di bilangan pasar baru, jakpus.
waktu tempuh saat itu rata2 sekitar 90 menit-lah... bahkan kalo berangkat jam 6 pagi dari rumah, bisa2 jam 7 udah nyampe kantor.

3 tahun yang lalu, jalanan udah macet banget deh biar kata jam 6 berangkat dari rumah... nyampe kantor jam 830, telat melulu deh.
karena mikir kalo emang nyampe-nya jam 830, mending pake express aja jam 8 pagi dari depok, nyampe kantor jam 840, ga beda jauh ama pake mobil, tapi ga capek, ga stress.
waktu itu aku juga lagi hamil, jadi tinggal bilang "sorry nih, kalo pagi masih morning sick" dan bos-pun maklum.

2 tahun yang lalu, anakku udah lahir, dan aku ga punya alasan lain untuk dateng siang ke kantor, kepaksa pake krl balik 710. relatif ga ada masalah, karena toh aku berhasil sampe kantor sebelum jam 830.

buatku, masalah timbul sejak 6 bulan yang lalu...
ketika aku harus sekolah yang masuknya teng jam 7 pagi.
duh, harus naik apa ya... secara itu sekolah adanya di kuningan yang jauh dari stasiun manapun juga (dibandingkan dengan kantorku yang dari juanda cuman 2 menit pake ojeg, 5 menit pake bajaj, atau 10 menit jalan kaki).
nyoba pake bis, berangkat jam 530 dari rumah, nyampe sekolah udah lewat jam 7.
akhirnya emang mau ga mau ya kepaksa harus naik krl lagi.
depok balik yang 604 harusnya masih masuk di itunganku untuk nyampe di sekolah, tapi karena itu kereta sering telat, dan aku kepaksa naik depok express yang jam 625, dan ujung2nya telat juga sampenya, maka aku kepaksa naik depok balik yang jam 523.
duh, gila ya hidup di depok tapi nyari nafkah di jakarta... perjuangannya itu lho...

kebayang ga sih, kalo jam 5 pagi aku udah siap pergi beraktivitas dan mengorbankan waktu untuk istirahat?
hmm... moga2 aja selalu ada hikmahnya ya :))

No comments: